Bergabunglah ke Facebook fanpage "MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM" (MDNPS) dan Facebook group "Friends of MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM." Dapatkan kiriman artikel terbaru dan update berbagai program yang sedang berlangsung di MDNPS secara cepat dan mudah.

Menyingkap Sisi Kemisteriusan ASD, Bruey’s “Demystifying Autism Spectrum Disorders” Book (Review Buku Spektrum Autisme ke-2)

“Hello..Mrs.Han??…Yes..This is Mrs.Drew..It’s your son, today…He got frightened again when the fire alarm came off for the drill..Yes..He was so scared that he kept crying, strongly refused to come back to the class…And was hiding under the table the whole last hour….”

the "mystic" book

Tulisan ini adalah lanjutan dari rangkaian review buku seputar spektrum autisme. Kali ini akan saya sajikan ulasan tentang buku autisme yang kedua, berjudul “Demystifying Autism Spectrum Disorders, A Guide to Diagnosis for Parents and Professionals.” Judul ini kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia kira-kira berarti: “Menyingkap misteri kelainan spektrum autisme, sebuah bimbingan diagnosa bagi orang tua dan para profesional.”

Diagnosa dini dapat memperluas peluang penyandang ASD untuk maju, sampai pada kemungkinan untuk mengikuti kelas-kelas regular. Untuk yang lebih muda lagi, bahkan dapat memiliki kemungkinan untuk lepas dari pendidikan khusus selama hidupnya. (Bruey: 6-7)

Buku ini ditulis oleh Carolyn Thorwarth Bruey, Psy D. BCBA., yang telah berpengalaman di bidang autisme selama tiga puluh tahun terakhir. Saat menulis buku ini, Bruey adalah “Managing Partner” dari Developmental Disabilities Resources di Lititz, negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Sebuah lembaga yang menyediakan pelayanan terapi dan diagnosa pada anak-anak serta orang dewasa yang menyandang Autism Spectrum Disorder (ASD). Disamping buku ini, Bruey juga menulis beberapa buku lain seperti “The Autism Transition Guide: Planning the Journey from School to Adult Life” (2009) dan “Children with Autism: A Parent’s Guide” (2000).

Tujuan Bruey menulis buku ini adalah untuk memberikan sarana perluasan pengetahuan tentang seluk-beluk dunia ASD bagi para orang tua dan profesional yang memerlukannya. Tujuan lainnya adalah menyediakan panduan dalam memahami dengan lebih baik lagi proses diagnosa yang berhubungan. (Bruey: 3)

Mengapa perlu didiagnosa?
Di dalam buku ini Bruey secara tegas menyatakan bahwa semata-mata memberi label pada anak tidak akan banyak membantu didalam proses perkembangannya. Adalah fakta juga bahwa tidak semua anak akan dapat dimasukkan ke dalam kategori ASD. Tetapi, Bruey juga memberikan 5 alasan terkuat mengapa diagnosa yang definitif dapat menjadi penolong (atau bahkan bisa menjadi satu-satunya peluang) bagi perkembangan anak tersebut di jangka panjangnya. Bruey sangat menekankan pentingnya diagnosa dan treatment untuk anak-anak penyandang ASD yang berumur dibawah lima tahun. Diagnosa dini dapat memperluas peluang penyandang ASD untuk maju, sampai pada kemungkinan untuk mengikuti kelas-kelas regular. Untuk yang lebih muda lagi, bahkan dapat memiliki kemungkinan untuk lepas dari pendidikan khusus selama hidupnya. (Bruey: 6-7)

Salah satu bagian terpenting dari buku ini adalah sebuah bab tentang “Developmental ‘Red Flags’ .“ Bab ini berisi tabel dan perincian tentang tanda-tanda “peringatan” yang perlu diperhatikan orang tua. Kehadiran tanda-tanda peringatan ini dapat dijadikan acuan awal dalam mencarikan bantuan yang cocok untuk sang buah hati. Di halaman 16-21 Bruey memberikan beberapa tanda-tanda tersebut (yang tidak harus muncul semuanya). Dimulai dari umur 2 tahun dan keatas. Beberapa tanda tersebut secara singkat antara lain:
- Sang anak tidak suka dirangkul/pegang.
- Menghindari tatap mata
- Kurang atau tidak selalu tanggap.
- Mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan kebutuhannya.
- Terlambat atau tidak ngomong.
- Tidak mudah beradaptasi pada perubahan.
- Perhatiannya selalu “sibuk/tersita” dengan dunia pikirannya sendiri, sulit untuk diarahkan.
- Sulit berteman.
- Suka mengulang gerakan atau kata-kata tertentu.
- Kesulitan tidur.
- Agresif secara fisik pada diri sendiri dan/atau orang lain.
- Dan lain-lain.

Lima subkategori ASD menurut Bruey:
1. Autistic Disorder
2. Asperger Diorder
3. Childhood Disintegrative Disorder (CDD)
4. Rett’s Disorder.
5. Pervasive Developmental Disorder (PDD-NOS)
(Bruey: 5)

Hal-hal yang dapat membedakan buku ini dengan buku autisme yang telah dibahas sebelumnya adalah:
- Buku ini membahas ASD mulai dari tahap usia yang sangat dini.
- Pernyataan perihal hubungan antara autisme dan imunisasi.(hlm 41)
- Menyajikan sejarah autisme, perkembangan, dan sisi demografinya.(bab 3)
- Mitos-mitos yang berhubungan.(hlm: 33)
- Seluk-beluk perihal mengevaluasi tingkat kecerdasan anak ASD.(hlm 151)
- Perbedaan antara High Functioning ASD dan Low Functioning ASD.(hlm 79)
- Membedakan gejala-gejala ASD dengan gejala-gejala perkembangan anak lainnya yang hanya mirip, tetapi bukan merupakan gejala ASD.(hlm 98-99)
- Hal-hal yang umum ditunjukkan anak-anak ASD. (hlm 83)
- Rincian perawatan untuk penyandang ASD (hlm 9)

Rekan pembaca, demikian sekilas tentang isi buku yang sangat informatif ini. Bila ada diantara anda yang memiliki pertanyaan atau mencari informasi yang berhubungan dengan dunia autisme yang terdapat di dalam buku ini, silakan hubungi saya. Saya juga bersedia berbagi link, bagi siapa saja yang memerlukannya.

Semoga membawa manfaat,
V.h.a.p

Referensi:

Bruey, C.T., Psy.D. BCBA., “Demystifying Autism Spectrum Disorders, A Guide to Diagnosis for Parents and Professionals.”, 2004, Woodbine House: Bethesda, Maryland, 242 hlm.

1 comment to Menyingkap Sisi Kemisteriusan ASD, Bruey’s “Demystifying Autism Spectrum Disorders” Book (Review Buku Spektrum Autisme ke-2)

  • Novi

    Ass
    Anak saya di nyatakan autis oleh tim tumbuh kembang. Skrg usianya 3th 2 bln. Mohon info nya untuk bisa dapat bukunya. Terimakash
    Apakah ada terjemahannya

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>