Bergabunglah ke Facebook fanpage "MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM" (MDNPS) dan Facebook group "Friends of MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM." Dapatkan kiriman artikel terbaru dan update berbagai program yang sedang berlangsung di MDNPS secara cepat dan mudah.

Membaca Pikiran Seorang Supermodel di Heidi Klum’s “Body of Knowledge” (Review buku)

Insting saya mengatakan kalau buku ini kemungkinan besar tidak akan ada di tanah air.
Ada beberapa alasan mengapa saya menduga demikian. Yang pertama karena buku ini bukan termasuk tipe buku populer dengan subjek spesifik bisnis, psikologi, komik, politik, fiksi, cerita anak, atau berbagai subjek populer lain yang banyak diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan tersedia di toko-toko buku. Juga jelas sekali kalau buku ini juga bukan jenis buku formal tentang sains, pendidikan, atau subjek-subjek lain yang banyak dipakai disekolah-sekolah.
Yang paling telak, buku ini nyatanya memang banyak mengandung foto-foto Klum sendiri sepanjang karirnya sebagai foto model. Banyak diantara foto-foto tersebut yang terlihat “weleh-weleh…” menurut ukuran budaya ketimuran, beberapa diantaranya secara mengagetkan malah berkategori “halaah!!!…”

Klum's body of knowledge

Oh ya, saya juga tidak bisa berasumsi kalau semua pembaca review buku ini tahu Heidi Klum bukan?
Maka saya akan jelaskan sedikit tentang penulis yang juga merupakan subjek buku ini. Heidi Klum adalah seorang supermodel Amerika kelahiran Jerman yang sudah sangat terkenal di bidang profesinya. Selain menjadi foto model, Klum juga menjalankan banyak bisnis. Bisnisnya banyak yang berhubungan dengan kecantikan, namun beberapa diantaranya tidak secara langsung berhubungan. Ia juga menjadi host sebuah tv reality show yang bernama “Project Runway,” dan merupakan salah satu model utama dari produk pakaian terkenal Victoria Secret.

Sampai disini anda mungkin mulai bertanya:

Kenapa (juga) saya menuliskan review buku ini? Dan apa pula gunanya?

Mungkin saja iseng. Tapi yang jelas, hal yang pertama kali membuat mata saya berhenti pada buku ini adalah kata-kata “Body of Knowledge” yang terkandung di judul buku itu sendiri (oke, saya memang suka kata-kata “knowledge”). Rasa keingintahuan saya semakin bertambah saat membaca nama penulisnya; Heidi Klum, seorang supermodel yang sepanjang pengetahuan saya, notabenenya bukan seorang ilmuwan. Jadi macam pengetahuan apakah yang akan Klum sajikan dalam bukunya? Bilakah positif? Demikian saya bertanya dalam hati.

“Kau harus cukup berani/tegar untuk mengejar apa yang kau cita-citakan, cukup kreatif dalam menyusun strategi untuk melakukannya, dan cukup rendah hati untuk mengetahui bahwa kau dapat belajar banyak dari bertanya dengan orang-orang yang telah berpengalaman dan bijak….Saya selalu mencoba untuk berbuat baik pada siapa saja yang bekerja bersama-sama dengan saya, karena seringkali mutiara kebijakan yang terbaik datang dari sumber yang tidak terduga-duga…” (Hal 36)

Poin manfaat dari buku ini saya dapat saat Klum menjabarkan bahwa kesuksesan seseorang dalam karir itu, sangat tergantung pada perilaku orang itu sendiri. Bagaimana Klum berperilaku di dalam dunia karirnya telah membedakannya, dan membuat Klum jauh lebih sukses dibanding ribuan model lain. Klum menamakannya dengan sebutan “model behavior.” Beberapa perilaku/karakter tersebut antara lain kerja keras, percaya diri, memiliki pikiran yang terbuka, dan kesediaan untuk bekerja sama. (Hal 8.)

Di balik segala kesuksesannya yang luar biasa sebagai model dan business woman, Klum merasa kalau secara fisik dia merasa berpenampilan biasa-biasa saja dibanding model-model yang lain. Dia merasa agak lebih pendek dari kebanyakan model yang lain, lebih berisi, dan terlalu banyak senyum. Ditambah lagi, dia sadar betul kalau bagian belakangnya (hal sangat penting bagi seorang model) adalah yang dia sebut dengan (maaf) bokong “tipe” Jerman, yang mungkin disebabkan oleh perilaku “kebanyakan makan kentang”. (Hal 8.)

Beberapa diantara petikan petuah dari Heidi Klum yang ada di dalam buku ini:

“Hal yang paling penting untuk selalu kau bawa-bawa adalah optimisme”

“Segala sesuatu yang tidak cukup menantangmu, akan melemahkanmu..”

“Kalau kau gak minta, kau tidak akan mendapatkanya..”

“Perjalanan/travelling akan meluaskan sudut pandangmu, dan memberimu semacam persona.. ”

“Semakin banyak orang pinter yang berada di pihakmu, akan semakin baik kau jadinya..”

 

Hal-hal positif lain yang tertulis dalam buku ini, antara lain:

- 8 perilaku menuju sukses.

- Membangun semangat dan kegigihan.

- Menangani kritik dan tetap positif setelah mengalami kegagalan.

- Menemukan humor di segala situasi dan mengatasi “demam panggung”.

- Rahasia kecantikannya sehari-hari dan menjaga ukuran badannya tanpa “menyengsarakan diri sendiri.”

- Sembilan tempat favorit Klum di dunia, dan No.1: Bali..!!

- Mengapa kita perlu rutin berolahraga, dan 30 menit “karena terpaksa” olahraga yg efektif.

- Dan lain-lain.

 

Secara umum, ditinjau dari segi tulisan, buku ini menyajikan pesan-pesan dan pelajaran membangun tentang manajemen diri dalam meraih kesuksesan. Pesan-pesan tersebut saya akui, memang bersifat universal, dan dapat diterapkan di bidang apapun yang sedianya dipilih seseorang dalam perjalanannya menuju sukses. Sedangkan mengenai pilihan karir, Klum memang memilih area yang menurut penilaian pribadi ketimuran saya (tolong garis bawahi kata “penilaian pribadi”), signifikan liberal.

Beberapa bagian dari buku ini juga menunjukkan sisi lain dari Klum sebagai seorang wanita “biasa.” Seperti telah saya singgung sebelumnya, yang membedakan Klum dengan banyak wanita lain “hanya” kemauannya yang kuat, dan perilakunya yang selalu positif. Tips-tips praktis yang disajikan di dalam buku ini juga begitu simpel, namun cukup esensial, dan mudah dijalani.

Namun teman pembaca, jangan meminta saya untuk menghadirkan buku ini di tanah air ya, alasannya karena……yang tadi itulah!..:-)

Semoga bermanfaat,

V.h.a.p.

 

Referensi:

Klum, Heidi & Alexandra Postman (co-author). Heidi Klum’s Body of Knowledge (to help you take off on the runway of life). 2004. Crown Publishers: New York, New York. 192hlm.

 

 

 

 

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>