Bergabunglah ke Facebook fanpage "MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM" (MDNPS) dan Facebook group "Friends of MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM." Dapatkan kiriman artikel terbaru dan update berbagai program yang sedang berlangsung di MDNPS secara cepat dan mudah.

“The Out-of-Sync Child” book, Berbicara Tentang Anak-Anak yang Tidak Seirama (Review Buku Spektrum Autisme 1)

Ketika teman saya, seorang ibu, menceritakan perasaannya tentang buah hatinya yang dikhawatirkan menunjukkan gejala Sensory Integration Dysfunction, tidak ada kata lain yang bisa saya sampaikan, selain menyatakan kalau saya faham perasaannya. Tidak juga ada yang lebih nyata lagi dalam menggambarkan rasa “faham” itu, selain dengan memutar kembali “kaset sendu” keluarga kami yang terekam beberapa tahun yang lalu. Masih ingat rasanya, persis sesaat sebelum pesawat kami take off ke negeri orang, seorang kerabat kami mengucapkan:

“Vie, kata istriku…anakmu autis..”

Pencarian saya akan buku-buku yang berhubungan dengan Sensory Integration Dysfunction (untuk mempersingkat, selanjutnya akan saya sebut “SID”), diawali dari internet untuk mencari tahu tentang apa yang saat ini sedang terjadi di dunia spektrum autisme secara umum. Setelah mendapatkan info awal, saya masukkan info tersebut ke katalog online jaringan perpustakaan kota kami dan seluruh wilayah sekitarnya. Buku yang berhubungan muncul banyak, beberapa diantaranya kelihatan cukup berharga untuk diburu, dan tersebar di beberapa kota tetangga. Pencarian kemudian saya akhiri dengan 4 buku ditangan, yang saya anggap paling baik untuk dipelajari.

taktil..

Pada kesempatan ini, saya akan sajikan ulasan tentang buku yang pertama, berjudul “The Out-of-Sync Child: Recognizing and Coping with Sensory Integration Dysfunction.” Setelah membaca review ini, anda akan tahu mengapa saya memilih untuk menyajikan buku ini sebagai kandidat anjuran baca yang pertama. Di rumah, sebelum saya baca, buku ini saya “skim”selama dua malam, sebagai perkenalan yang pertama. Hasilnya? Sampai pada saat saya menulis kalimat ini, sebenarnya saya belum tahu kata yang paling tepat untuk menggambarkannya, tapi hal ini justru yang mendorong saya untuk terus membacanya.

“Orang tua dan guru sering merasa frustasi dalam menangani seorang anak yang memiliki gejala SID,..bagaimana perasaan anak itu sendiri bila hal itu sampai terjadi? Sama…” (Kranowitz)

Buku ini luar biasa. Sekilas, buku ini kalah mentereng dari sisi fisiknya dibanding ketiga “temannya” yang memiliki kualitas kertas nomor satu yang berwarna putih cerah sampai terlihat agak kebiruan, dengan ilustrasi atau foto sampul yang berwarna cerah juga. Sedangkan buku ini memiliki kertas yang kalau saya boleh sebut: “semi kertas koran,” walaupun tidak setipis itu. Disampulnya, foto super close-up, wajah seorang anak, dengan warna general peach. Kertas buku ini berwarna agak buram, dan setelah saya cek ke toko buku, cetakan ulang yang terbarunya pun memiliki penampilan yang kira-kira sama. Sang penerbit rupanya tidak meng-upgrade-nya menjadi buku yang lebih “fancy.”

Sekarang, darimana sebaiknya saya memulai?

Saat saya membaca sebuah buku, biasanya saya menemukan kalau dari seluruh isi buku, ada bagian-bagian yang berfungsi sebagai “inti,” dan ada bagian-bagian yang lebih merupakan tambahan atau perluasan detail saja. Khusus pada buku ini, saya menemukan kalau hampir seluruh bagian dari buku ini merupakan “inti.”

Penulis buku ini adalah Carol Stock Kranowitz.

Mrs. Kranowitz adalah lulusan Barnard College, dan mendapatkan M.A.in Education & Human Development dari The George Washington University. Mengajar preschool sejak tahun 1976, beliau telah berpengalaman dalam mengamati anak-anak yang “out-of-sync” (terjemahan bebas: anak-anak yang “tidak seirama”) dan mempelajari teori sensory integration untuk mengetahui kehadirannya pada anak. Kranowitz juga mengusahakan tindakan “early intervention,” yaitu penanganan gejala pada anak, diusia yang sedini mungkin. (Appendix)

Menurut penulisnya, tujuan utama buku ini adalah untuk menjabarkan konsep Sensory Integration dan lawannya, yaitu Sensory Integration Dysfunction. Disini juga, pembaca akan diperkenalkan pada istilah-istilah umum yang banyak dipakai oleh para professional dibidang ini, yang dianggap berguna.

Jadi, seperti telah tersirat, buku ini bukan hanya ditujukan bagi para profesional, namun juga untuk para orang tua, atau siapa saja yang memerlukan bantuan dalam menghadapi dan mengatasi anak-anak dengan SID. Termasuk juga didalamnya; guru, dokter, terapis, psikolog, para nenek/kakek, pengasuh anak, atau siapa saja yang berkesempatan merawat mereka. Kranowitz juga menyarankan pembacanya untuk membaca buku ini secara keseluruhan dari awal sampai akhir, guna mendapatkan suatu gambaran yang menyeluruh tentang SID. (xxv-xxviii)

Definisi Sensory Integration Dysfunction itu sendiri adalah ketidakmampuan untuk memproses informasi yang diterima melalui sensasi tubuh. Nama lain dari fenomena ini adalah “Sensory Integration Disorder,” atau “Sensory Integrative Dysfunction.” Dengan singkatan resmi SI Dysfunction (8)

Total terdiri dari 11 bab, semua bab yang terdapat dalam buku ini dikelompokkan dalam 2 part:

Part 1. Adalah bab-bab yang merupakan penjabaran dari SID itu sendiri dan akibat-akibat yang ditimbulkannya pada seorang anak. Termasuk diantaranya adalah bagaimana mengetahui bila seorang anak memang memiliki gejala SID, bilakah memiliki problem dengan tactile sense (sentuhan), vestibular sense (keseimbangan), atau proprioceptive sense (koordinasi gerakan), bahan-bahan/materi yang berhubungan, beserta penjabarannya.

Part 2. Berisikan bab-bab tentang kriteria-kriteria, materi, dan panduan untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan. Termasuk diantaranya: teknik penanganan dirumah, disekolah, emosi anak, meningkatkan kualitas hidup keluarganya, dan lain-lain.

Beberapa hal yang sangat menonjol dari buku ini adalah tingkat kedetail-an dari informasi dan alat bantu materi yang diberikan. Sementara pada waktu yang sama, struktur penyajiannya yang tidak membuat pembacanya seperti membaca sebuah “kamus.”

Salah satu contoh alat bantu tersebut adalah tersedianya “Checklist Gejala-Gejala Umum SID” di halaman 11-17 dari buku ini. List ini kemudian diperinci dan dibagi lagi menjadi 2 bagian:

1.List “Sensory Processing Problems,” gejala-gejala yang berhubungan dengan isu-isu yang merupakan inti dari SID itu sendiri. Antara lain yang ditunjukkan oleh anak-anak yang oversensitive/terlalu sensitif, undersensitive/kurang sensitive, atau oversensitive pada satu hal namun undersensitive pada hal yang lain.

2.List “Behavioral Problems,” gejala-gejala yang berhubungan dengan isu-isu yang merupakan hasil dari ketidak-efisienan pemprosesan sensasi dalam tubuh atau masalah-masalah pertumbuhan lainnya. Termasuk didalamnya juga bagaimana menentukan apakah seorang anak memiliki gejala SID ringan, moderat, atau serius.

Di bab yang sama juga diingatkan, bahwa seorang anak dengan problem perilaku bukan berarti menderita SID. Sementara pada anak yang menunjukkan gejala SID, mengabaikan masalah tidak akan menghilangkan problem.

Contoh detail topik lain yang tercakup:

Gejala-gejala pada anak yang “hanya mirip SID” ?

Kalau saja sekolah lebih seperti rumah…

Mendorong kesuksesan anak di sekolah.

Mencocokkan anak dan sekolah.

Siapa saja yang perlu diceritakan??

Dll.

Buku tentang SID termasuk jarang dibanding buku-buku tentang “learning disability” lainnya. Buku ini akan sangat membantu dalam menangani anak-anak dengan gejala SID, baik yang sudah didiagnosa maupun yang belum. Dicetak ulang terus menerus, sepanjang yang saya tahu, edisi cetak ulang terakhirnya adalah cetakan tahun 2006.

Semoga bermanfaat…

v.h.a.p

Referensi:

Kranowitz, Carol, M.A. The Out-of -Sync Child, Recognizing and Coping with Sensory Integration Dysfunction. New York: Skylight Press, 1998. 322 + xxviii hlm

 

 

 

 

 

 

****Teman anda perlu info tentang buku autisme dari US? Tauuu.com bersedia membantu, hubungi kami..

 

1 comment to “The Out-of-Sync Child” book, Berbicara Tentang Anak-Anak yang Tidak Seirama (Review Buku Spektrum Autisme 1)

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>