Bergabunglah ke Facebook fanpage "MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM" (MDNPS) dan Facebook group "Friends of MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM." Dapatkan kiriman artikel terbaru dan update berbagai program yang sedang berlangsung di MDNPS secara cepat dan mudah.

Merintis Teori Kecerdasan Berganda (Review buku: Frames Of Mind, The Theory of Multiple Intelligences of Howard Gardner)

Hey! anda juga jenius!
Satu hari dibulan Januari, teman saya, seorang guru dari Sumatera Utara mengingatkan saya tentang pentingnya membaca buku yang berkaitan dengan teori Multiple Intelligences/MI. Saat itu kami sedang membicarakan tentang teori kecerdasan yang lain, namun beliau menjelaskan kalau di lingkungan pendidikannya saat ini, teori MI inilah yang lebih banyak dipakai dan populer. Demikianlah, saya cari buku yang “bertanggung jawab” atas pencetusan teori ini, dan syukurlah, saya temukan.

Support the "GEN-In-US" pada tiap anak

Review buku ini adalah salah satu dari rangkaian review buku perintis/pendobrak ide yang ingin saya sajikan. Pada tahun 1983, penerbitan buku inilah yang menandai peluncuran teori MI oleh pencetusnya. Dunia pendidikan saat itu masih dimonopoli oleh aplikasi teori Intelligence Quotient/IQ, sebagai tolak ukur kecerdasan sejak tahun 1900-an. Review kali ini juga lebih merupakan peletakan pondasi dasar dari review buku-buku yang akan datang. Di masa datang saya ingin membaca buku lebih baru yang berhubungan dengan MI dan berbagi infonya dengan anda, dan review ini dapat menjadi referensi bagi anda yg memerlukan informasi dasar teorinya.

Menurut penulisnya, penulisan buku ini diawali oleh sebab yang tidak biasanya. Buku ini ditulis oleh Gardner, untuk memenuhi keinginan dari suatu lembaga yang memiliki semacam proyek yang bertujuan untuk mencari mengklarifikasi melalui penyelidikan yang seksama mengenai konsep “human potential.” Pada saat itu, Howard Gardner adalah salah satu personel dari Graduate School of Education di Harvard University. (ix)

Buku ini memiliki 14 bab, dan disajikan dalam 3 part:

 

Part I. Background (Latar Belakang).

Terdiri dari 4 bab. Berisikan tentang seluk beluk yang melatar belakangi pencetusan teori ini. Bagian ini juga menjabarkan misi utama Gardner dalam penulisan buku ini, yaitu:

  • Mewujudkan keinginannya untuk memperluas cakupan ilmu psikologi kognitif.
  • Menilai sisi implikasi dari teori ini dibidang pendidikan.
  • Untuk menginspirasi para antropologis, guna membuat penyesuaian tentang konsep kecerdasan yang saat ini telah beredar di banyak negara dan banyak kultur.
  • Untuk menantang “dunia” termasuk para pelaku hukum dan politikus yang selama ini menerapkan teori-teori kecerdasan yang “cacat” atau tidak produktif. Bahwa konsep MI ini dapat diterapkan di dunia pendidikan dalam kondisi apapun, akan membantu mengeliminir kegagalan sistem yang buntu, dan menunjang kemajuan teori-teori yang memiliki kemungkinan untuk sukes.(9-10)

Part II. The Theory (Teori)

Terdiri dari 8 bab. Oleh Gardner disebut sebagai “jantungnya” buku ini, dibagian inilah dijelaskan satu persatu jenis-jenis kecerdasan yang tercakup dalam teori MI ini, dalam setiap babnya.

Bab 5. Kecerdasan Linguistik.

Kemampuan untuk mengolah bahasa

Bab 6. Kecerdasan Musikal

Menurut Gardner adalah kecerdasan yang paling awal terlihat dalam proses perkembangan anak.

Bab 7. Kecerdasan Logik-Matematik.

Gardner mengatakan bahwa kecerdasan ini umum mulai terlihat pada anak usia 18 bulan keatas.

Bab 8. Kecerdasan Spatial/Tata Ruang.

Kemampuan untuk menciptakan gambaran mental visual suatu subjek dimensional, dan secara mental juga mampu melakukan modifikasi atau transformasi terhadap objek tersebut.

Bab 9. Kecerdasan Kinestetik

Kemampuan menggunakan dan mengolah fisik/badan, baik motorik halus maupun kasar.

Bab 10. Kecerdasan Personal/Karakter. Yang dibagi lagi menjadi dua, yaitu Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal.

Dua bab terakhir dari part ini, berisikan perihal kritik dan perbandingan teori ini dgn teori lainnya (bab 11), dan sosialisasinya melalui berbagai sistem simbol yang ada di masyarakat (bab 12).

 

Part III. Implications and Applications (Implikasi dan Aplikasi)

Terdiri dari bab 13 dan bab 14. Berisikan seluk beluk dan aspek pelatihan dari masing-masing kecerdasan serta aplikasinya.

 

Saya adalah supporter dari teori-teori kecerdasan alternatif, dalam hal ini termasuk teori Multiple Intelligences-nya Gardner ini (dicetuskan tahun 1983) dan teori Emotional Intelligence-nya Goleman (buku tentang ini diluncurkan tahun 1995). Malah menurut hemat saya, teori EQ yang diluncurkan oleh Goleman, terdengar relevan sekali dengan jenis kecerdasan MI-nya Gardner yang ke 6 dan ke 7 , yaitu kecerdasan intra dan interpersonal. Dua ilmuwan ini telah menggali dan memperdalam dimensi yang sama, yaitu sisi kekuatan dari karakter seseorang.

Goleman & Gardner telah memberikan harapan yang positif di dunia pendidikan yang menjadikan kesuksesan murid sebagai tujuan utamanya. Aplikasi teori mereka dapat memperbesar peluang siapa saja untuk menjadi sukses.

Untuk para orangtua, lihatlah secara jujur setiap potensi dari anak anda. Perkenankan sang buah hati untuk menjadi ahli dibidangnya masing-masing. Paling tidak, kembangkanlah minat dan bakat mereka. “Genius” menurut kamus Merriam-Webster adalah: “ A single strongly marked capacity or aptitude…” Yang kalau diartikan adalah: “Sebuah kemampuan belajar/kapasitas yang sangat kuat terhadap sesuatu.” Tidak ada kata “jenis” tertentu disitu, yang ada adalah kata-kata “kuat” untuk sesuatu yang khusus .

Maka setiap orang akan memiliki kesempatan, untuk berprestasi dengan keunggulan yang dimilikinya masing-masing, yang telah diberikan Tuhan. Saya yakin, apa yang telah diberikan Tuhan pada setiap bayi yang lahir, adalah cukup untuk dirinya. Anugrah ini, bila digunakan dengan tujuan baik, akan membawa kebaikan baginya dan orang-orang disekitarnya.

Support anugrahNya pada anak anda yang bercita-cita menjadi ahli matematik, bakat anak anda dalam membuat syair dan kepingin menjadi penyair, jangan lupa yang pintar olahraga karena ingin menjadi atlit, dan yang selalu ingin menjadi penulis, dan psikolog, dan pengabdi rakyat, dan guru, dan fotografer, dan perawat, dan seniman, dan wirausahawan, dan dokter, dan lain-lainnya..dan lain-lainnya..

For a child in you, with dreams to reach

Semoga bermanfaat,

Vhap

 

Referensi:

Gardner, H., Frames Of Mind, The Theory of Multiple Intelligences, 1983, New York: Basic Books Inc., 440hlm + xiii

 

1 comment to Merintis Teori Kecerdasan Berganda (Review buku: Frames Of Mind, The Theory of Multiple Intelligences of Howard Gardner)

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>