Bergabunglah ke Facebook fanpage "MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM" (MDNPS) dan Facebook group "Friends of MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM." Dapatkan kiriman artikel terbaru dan update berbagai program yang sedang berlangsung di MDNPS secara cepat dan mudah.

Mengajarkan Anak Mengatur Uang & Membiayai Hidup (Part 2)

Belajar mengelola keuangan adalah penting bagi setiap orang. Karena pada dasarnya, apapun jenis kehidupan yang dijalankan dan bagaimanapun standar hidup yang dicari (dari yang ingin tetap bersahaja sampai yang memiliki keperluan untuk menjadi kaya), setiap orang perlu nafkah, paling tidak untuk dirinya sendiri. Mengelola rejeki dengan baik juga merupakan salah satu usaha untuk mensyukuri pemberianNya dan menjadikan aspek “usaha menafkahi hidup” untuk tidak menjadi masalah yang pelik dalam hidup. Alangkah mulianya jika dengan itu kita jadi mampu beramal. Memberi pada yang karena satu dan lain hal, menjadi pihak yang benar-benar memerlukan uluran tangan….

(Lanjutan dari Part 1)

Disini akan saya sajikan dua buku menarik, buku yang pertama:

“Every Kid’s Guide To Intelligent Spending (Living Skills Books)” by Joy Wilt Berry.

Buku ini memiliki hard cover berwarna merah dan terdiri dari 48 halaman. Ini adalah buku yang mengajarkan anak tentang cara menggunakan uang. Buku ini pas sekali untuk menjadi buku pemula bagi anak-anak usia sekolah dasar yang telah mampu membaca dengan baik. Setiap halaman dari buku ini berisikan satu ilustrasi berwarna dan jenaka “comic style” yang cukup besar, dan disertai (kebanyakan hanya) sekitar satu paragraf narasi. Pada beberapa halaman disajikan materi yang lebih mendetail tanpa mengurangi kejenakaan ilustrasinya.

Secara sederhana “very child friendly” (mudah dipahami anak-anak) dan ilustratif, buku ini akan mengajari anak-anak tentang:

Istilah-istilah dasar seperti “manufacturers” (produsen/pabrik), “merchants” (pedagang/distributor), “customer” (pemakai/pembeli), dll.

Bagaimana produk dikemas, dipromosikan, dan dijual.

Kepandaian memilih dan membeli produk.

Pengetahuan singkat tentang produk, dan apa yang harus dilakukan bila produk yang dibeli tidak sesuai harapan.

Seluk-beluk membeli produk melalui jasa pos.

Sebagai gambaran, halaman pertama isi buku ini berisikan penjabaran singkat tentang apa itu “Manufacturer”. Diatas paragraf halaman pertama tersebut terdapat gambar kartun besar tentang seekor ayam yang sedang resah didepan sebuah gedung pabrik besar bertuliskan “Rubber Chicken Co.” Kejenakaan dan kesederhanaan buku ini akan membantu anak dalam usaha mempelajari konsep membelanjakan uang dengan bijaksana sejak dini. Saya kira, anak usia sekolah menengah pertamapun dapat tertarik membaca dan menggunakannya sebagai buku perkenalan..

 

Buku Kedua: “Neale S.Godfrey’s Ultimate Kids Money Book” By Nealy Godfrey

Buku yang lengkap sekali tentang belajar mengelola keuangan. Juga dengan cara yang jenaka, buku ini dilengkapi oleh ilustrasi dan foto-foto yang menunjang, dari mulai gambar berbagai mata uang di bab perkenalan, sampai dengan gambar contoh berbagai sistem pembayaran seperti pembayaran tunai, kartu kredit, buku cek, pembukuan, macam-macam kwitansi, dan lain sebagainya.

Memang buku ini aslinya ditulis bagi anak (dan remaja usia sekolah), tetapi menurut saya buku ini akan menjadi buku yang sangat menarik bagi orang dewasa yang ingin belajar tentang seluk-beluk pengelolaan keuangan dengan cara yang lebih santai dan ringan.

Hal lain adalah, karena buku ini ditulis untuk pembaca di daerah demografi Amerika Serikat, maka akan ditemukan didalamnya detail-detail tertentu yang hanya bisa diaplikasikan dinegara asalnya. Mengenai detail-detail tersebut, para pembaca dari negara lain dapat menggantikannya dengan hal-hal yang setara versi negara masing-masing.

Sekilas tentang isi dari buku ini. Dari daftar isinya dapat dilihat bahwa buku ini terdiri dari 9 bab:

Bab 1. Money-Who Needs It.

Berisikan tentang sejarah tentang uang, sejarah penggunaan uang; dari barter sampai sistem perdagangan terkini, berbagai koin sampai uang kertas dan benda-benda yang bernilai seperti uang.

Bab 2. Money In America

Bab 3. It’s Your Money.

Bagaimana mendapatkannya, kemana perginya, cara membuat budget, membelanjakan uang, serta cara-cara lain menggunakan uang.

Bab 4. All About Banks.

Menjabarkan segala sesuatu tentang bank dari mulai bank paling sederhana (celengan), sampai sistem perbankan yang kini beroperasi.

Bab 5. Saving Account & Checking Account.

Perihal jenis-jenis tabungan di bank.

Bab 6. All About Credit.

Mempelajari tentang penggunaan kartu kredit.

Bab 7, 8, & 9, berisikan peran uang di dunia ekonomi, perpajakan, dan investasi.

Bagian akhir dari buku ini adalah “Glossary” yang menyajikan berbagai terminologi yang terdapat di dalam buku ini.

Mungkin sisi manfaat yang besar namun begitu aplikatif dari buku inilah yang menyebabkan buku ini tidak bisa di checkout lebih dari 2 minggu dari “rumahnya” di perpustakaan kami. Sementara buku-buku lain kebanyakan bisa dipinjam sekitar 1 bulan, dan bisa diperpanjang.

Buku-buku lain yang saya sarankan antara lain adalah buku-buku ringan untuk anak prasekolah semacam “Curious George, Goes To Ice Cream Shop” atau buku lain yang relevan, yang akan memberikan ide pertama tentang prinsip kegiatan ekonomi dengan cara sesuai dengan usia anak. Tidak kalah penting dan bisa ditambahkan adalah buku-buku yang berisikan penggunaan uang dari sisi kemanusiaan non komersial (misalnya buku cerita tentang seseorang/badan yang menyantuni orang-orang yang membutuhkan) dan buku-buku yang menjabarkan penggunaan uang didalam kegiatan keagamaan anda.

Demikian ulasan tentang buku-buku berguna kali ini.

Semoga bermanfaat,

Vhap

***

Referensi:

Berry, J.W. Every Kid’s Guide To Intelligent Spending (Living Skills Books).1989. Children Pr. 48 hlm.

Godfrey, N. Neale S. Godfrey’s Ultimate Kids Money Book.1st ed. 1997. Simon & Schuster Book For Young Reader: New York, New York: 122 hlm.

“Every Kid's Guide To Intelligent Spending (Living Skills Books)” by Joy Wilt Berry.

Ultimate Kid's Money Book, by N. S. Godfrey

Saat saya menulis review ini

Diawal bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan bersyukur, berbagi, dan menyantuni. Dibulan ini muslimin antara lain ditraining untuk memahami (dengan merasakan sendiri) kondisi saudara-saudaranya yang berkesulitan. Di bulan ini juga digalakkan ibadah dengan “imbalan khusus” untuk berbagi harta, dari yang disarankan sampai yang diwajibkan.

Terpikir oleh saya sebuah fenomena bahwa kecenderungan untuk “bermata ijo” atau “medit” atau “kikir” bukan tergantung dari keadaan ekonomi seseorang. Seseorang yang kaya, bila memang “medit” akan tetap medit untuk memberi barang seperak, walaupun hartanya bertambah berkali-kali lipat dalam hitungan milyaran. Paradoks dari itu adalah adanya seorang fakir yang “cukup medit” namun tetap menjadi papa karena kelalaiannya dalam menafkahi hidup, atau karena faktor-faktor lainnya. Taraf ekonomi seseorang juga merupakan pilihan tentang gaya hidup, termasuk kesanggupan dan kepercayaan. Namun adalah sangat manusiawi dan esensial bagi setiap orang untuk memiliki insting untuk menafkahi, paling tidak kehidupannya sendiri.

Sifat dermawan tidak tergantung dari seberapa kepemilikan yang ada, seseorang yang dermawan akan tetap memberi, seberapapun yang ada ditangannya. Keberuntungan itu bukan berpatok dari jumlah harta diterima, namun lebih kepada karunia rasa kecukupan dan kemampuan mengontrol diri dengan hasil dari yang apa telah diusahakan dan apa yang telah dikaruniakanNya.

Perkenankan saya bersyukur padaNya untuk setiap tarikan nafas, dan setiap butir nikmat yang Dia berikan, yang saya tidak akan mampu menghitungnya, walaupun dengan teori matematika yang tercanggih..

 

 

1 comment to Mengajarkan Anak Mengatur Uang & Membiayai Hidup (Part 2)

  • Fantastic overcom! I have to trainee as well just like you fix your web site, precisely how may i sign up for your blog page web-site? A account taught me to be any correct offer. I am a bit familiar of this ones over the air offered brilliant transparent thought

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>