Bergabunglah ke Facebook fanpage "MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM" (MDNPS) dan Facebook group "Friends of MEMBACA DI NEGRI PAMAN SAM." Dapatkan kiriman artikel terbaru dan update berbagai program yang sedang berlangsung di MDNPS secara cepat dan mudah.

Belajar bersikap positif, kuat, fokus, dan dermawan dari Pak Tony (Resensi buku “Awaken The Giant Within” by Anthony Robbins)

“Buku baru!…”

Dua kata inilah yang pertama kali muncul di kepala saya saat membuka halaman paling depan buku ini yang ditempeli sebuah kartu perpustakaan dengan tulisan “DATE DUE: JUNE 23, 2010.” Dari kondisinya, betapa mengkilatnya, terlihat sekali bahwa buku ini belum pernah tersentuh atau di-”check-out” seseorang, mungkin buku stok. Kartunya juga baru, dan tanggal yang tercantum diatas adalah satu-satunya stempel yang tertera.

Tentang penulis buku:

Siapakah Anthony Robbins? Saat menulis buku ini, Anthony Robbins adalah seorang pengusaha, penulis, dan presiden direktur dari Robbins Research International Inc. Di usia 24 tahun, Mr. Robbins telah menjadi seorang milyuner dan mendirikan 9 perusahaan. Beliau juga mendirikan The Anthony Robbins Foundation (Yayasan Anthony Robbins) yang bergerak di bidang pemberdayaan/peningkatan potensi anak-anak muda, orang-orang tua, termasuk para narapidana, untuk menjadi kelompok masyarakat yang mampu memberikan kontribusi tinggi bagi masyarakat sekitarnya. Selain perusahaan-perusahaan dan yayasan tersebut, Anthony Robbins juga telah dikenal sebagai pembimbing handal bagi organisasi-organisasi global, termasuk lembaga marinir dan atlit olimpiade.

Gentar, demikian perasaan yang terbit sesaat saya membaca daftar isi buku ini untuk pertama kalinya.

Alasan saya [ya, alasan..:-)] adalah karena saat saya skimming alias membaca awal seliwatan, saya merasa bahwa buku ini mengandung muatan energi kemajuan yang kuat sekali. Otak saya tanpa terkendali berpikir: Apakah saya akan mampu menanggulangi hasil stimulasi buku ini seusai membacanya?…tapi bagaimana saya bisa mensarikan isi buku ini untuk para pembaca saya, bila untuk membacanya saja saya mengkerut..?

Tips bagi seseorang yang baru dengan buku-buku motivasi, semata-mata membaca daftar isi buku ini saja juga dapat dirasakan seperti membaca manual “Teknik-teknik praktis trampil terbang.” Foto Mr. Robbins di depan buku ini dimata saya juga terlihat agak “pop,” bukan semacam foto serius atau penuh wibawa yang ada disampul buku-bukunya yang lain atau buku managemen populer pada umumnya.

Bilakah buku ini “hanya” merupakan salah satu buku dari banyak buku managemen populer yang trendi?

Ya ya ya…awalnya saya memang kecut dan begitu penuh prasangka, tetapi semua pemikiran tersebut akhirnya lumer saat paragraf ini tiba-tiba menarik perhatian saya, yang kalau diterjemahkan kira-kira bunyinya demikian:

“Saya memilih untuk percaya bahwa Sang Pencipta kita itu tidak pilih kasih, bahwa kita semua telah diciptakan secara unik, dengan kesempatan yang sama untuk menjalani hidup sepenuhnya… Saya telah memutuskan untuk memberikan kontribusi dengan suatu cara tertentu yang akan tetap “hidup” jauh setelah saya tiada.” (hal 22)

Awaken The Giant Whitin, by Tony Robbins

Ok now, sebelum saya benar-benar menumpahkan seluruh isi buku ini ke internet dan meminta anda untuk membacanya sendiri (just kidding!), maka sesuai “ikrar” saya, saya akan memberi petunjuk pada anda secara garis besar sekilas tentang komponen dari isi buku ini.

Buku ini terdiri dari 4 bagian/part:

Part One: Melepaskan (belenggu) kekuatan anda.

Terdiri dari 13 bab, demikian beberapa diantaranya:

Bab 1. Mimpi tentang takdir.

Bab 2. Jalan menuju kekuatan.

Bab 3. Dorongan yang membentuk hidup anda.

Bab 4. Sistem keyakinan: Kekuatan untuk berkreasi dan kekuatan untuk menghancurkan.

Bab 5. Dapatkah perubahan terjadi secara instan?

Bab 9. Vocabulary kesuksesan.

Dan 7 bab lain.

Part Two: Mengambil kendali-The master system

Bab 14. Untimate influence: You master system.

*pemahaman elemen-elemen pengenalan diri sendiri, yang akan menunjukkan esensi/karakter anda sebagai pribadi

Bab 15. Nilai-nilai hidup: Kompas hidup anda.

Dan 3 bab lain.

Part Three: Tujuh hari yang dapat membentuk hidup anda

Bab 19. Hari pertama. Emotional Destiny: Kesuksesan yang sesungguhnya (keinginan atas kesuksesan emosi membuat anda melakukan apa yang anda lakukan).

Bab 20. Hari kedua. Physical Destiny.

Bab 21. Hari ketiga. Relationship Destiny: Tempat untuk saling berbagi dan menjaga.

Dan 4 bab lain.

Part Four: A lesson in destiny (pelajaran yang terkandung dalam takdir)

Bab 26. The ultimate challenge: What one person can do.

Beberapa cuplikan isi buku ini

“Rahasia kesuksesan adalah mempelajari bagaimana menggunakan rasa susah/sakit dan senang, bukannya membiarkan diri dikendalikan olehnya. Bila anda mampu melakukannya, anda menjadi lebih terkontrol. Bila tidak, maka hiduplah yang akan mengontrol anda.” (hal 56)

“Betapa sering orang yang datang dari latar belakang permulaan yang begitu sederhana dan tragis dapat me-manage hidupnya (walau apa yang telah terjadi), dan pada akhirnya menjadi seseorang yang begitu menginspirasi hidup kita.” (hal 22)

“Banyak orang secara begitu saja menilai pahlawan (atau orang-orang yang berpengaruh lainnya), terlahir demikian. ‘Pahlawan’ adalah orang (biasa) yang dengan berani dan tanpa egois tetap berkontribusi walaupun berada ditengah situasi yang sangat sulit, perempuan dan laki-laki yang tetap melakukan apa yang mereka percaya benar.” (hal 506-507)

 

Tiga keputusan yang akan (ikut) menentukan takdir anda:

1.Keputusan mengenai apa yang anda fokuskan dalam hidup anda.

2.Keputusan mengenai arti segala sesuatu (dalam hidup ini) bagi anda.

3.Keputusan mengenai apa yang akan dilakukan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

(hal 41)

 

6 Cara memperkokoh kekuatan pengambilan keputusan:

1.Mengingat kekuatan sesungguhnya dari hasil sebuah proses pengambilan keputusan.

2.Menyadari bahwa langkah terberat dari sebuah usaha adalah membuat komitmen (bentuk nyata keputusan).

3.Sering-seringlah mengambil keputusan.

4.Belajar dari keputusan anda.

5.Tetap berkomitmen pada keputusan anda, namun fleksibel dalam pelaksanaannya.

6.Nikmatilah proses pengambilan keputusan.

(hal 52)

 

“Mengetahui bahwa keputusan anda, dan bukan kondisi anda, yang akan menentukan takdir anda…” (Anthony Robbins, hal 52)

Saya kagum pada keluasan cara pikir dan pengetahuan Mr. Robbins yang mengaku hanya lulusan sekolah menengah atas ini. Mr. Robbins dengan fasih menjabarkan secara terperinci topik bukunya ini mulai dari sistem emosi, hubungannya dengan syaraf, kondisi tubuh, sampai kepada literatur dan hasil-hasil riset yang berhubungan.

Sampai sekarang, Anthony Robbins yang seringnya dipanggil dengan panggilan Tony Robbins, masih terus menjalankan proyeknya kepositifannya ini. Beliau menyebarkan semangat maju dan saling menolong sesama, dari ruang kelas sampai ruang tahanan.

Anda dapat mengikuti kegiatannya di:

http://www.tonyrobbins.com/

http://www.tonyrobbinsblog.com/

http://www.experientialtraining.com/

Teman pembaca, saya beranggapan bahwa buku ini adalah jenis buku yang esensinya berada di keseluruhan isinya. Bisa dikatakan hampir tidak ada bagian yang sudah cukup memadai bila hanya dibaca dengan selewat saja (misalnya karena cuma berisikan informasi tambahan saja, sementara ada bagian-bagian lainnya ada yang lebih penting dan terkonsentrasi). Buku ini sendiri tebalnya 539 halaman, setiap “nasehatnya” terasa menarik dan penting. Saya mengaku, saat saya menulis kalimat ini, saya belum selesai membaca setiap kalimat dari seluruh halaman itu. Biasanya dalam proses membaca dan menyelesaikan sebuah buku, saya juga akan mampu menggarisbawahi bagian-bagian tertentu, dan menyajikannya sebagai “bagian pilihan saya” atas buku tersebut. Namun untuk buku ini, bila saya mengambil sebuah cuplikan bagian, hal tersebut bukan karena yang lain kurang penting, tapi lebih kepada karena detail bagian inilah yang telah selesai saya baca, dan saya ingin sajikan sebagai contoh isi. Bab-bab dalam buku ini juga dapat dibaca secara tidak berurutan, tergantung pada bagian mana yang lebih menarik perhatian anda saat itu, dan bobotnya tidak akan menjadi berkurang.

Buku managemen trendi atau tidak, saya ingin sekali memahami setiap halaman dari buku ini (secara jujur, bila melihat isinya, saya bisa faham mengapa buku ini menjadi bestseller). Hal ini pasti membutuhkan waktu yang jauh lebih panjang dibanding saat saya membaca buku lainnya, namun saya memiliki perasaan kuat kalau buku ini akan banyak membawa manfaat. Kapan selesainya? Saya belum tahu, dan saya tidak terburu-buru.

By the way, pada saat saya selesai melakukannya, siapa tahu hasilnya akan menjadi review buku ini yang ke-2..

 

Referensi:

Robbins, Anthony. Awaken The Giant Within: How to take immediate control of your mental, emotional, physical, & financial destiny!. 1991. Summit Books: New York: New York. 539 hlm.

Demikian review buku saya kali ini, semoga bermanfaat,

Vhap

***

Review buku ini dibuat atas permintaan seorang teman saya, mbak Luluk Kurniawati.

Beliau adalah seorang pengajar di sebuah taman kanak-kanak, di sebuah kota di kaki gunung Semeru, Jawa Tengah. Saya merasa terhormat sekali untuk dapat “mengintip-bacakan” buku ini untuk beliau, seseorang dengan profesi mulia yang sangat peduli pada kemajuan dunia pendidikan.

Bu guru Luluk, terima kasih atas permintaan anda, yang telah membantu saya untuk menemukan sebuah buku dengan banyak pelajaran didalamnya. Semoga anda dan pembaca lainnya juga mendapatkan manfaatnya..amin

***

Saat saya menuliskan review ini:

Saya berada di bawah sebuah pohon sangat rindang dengan daun berbentuk hati. Pohon ini terletak disebuah pantai yang menghadap ke samudra Atlantik, bernama Lighthouse Park (taman mercusuar).

Hari ini adalah hari kedua musim panas. Anak-anak mulai libur sekolah. Anak saya yang besar senang sekali berdiam melukis dan menulis, ditempat yang indah dan sunyi. Anak saya yang kecil, senang sekali bermain di playground (taman bermain) dan waterpark (taman pancuran air). Sementara itu saya, sang ibu, kepingin sekali punya kesempatan menulis di suatu momen yang tidak sambil mengejar-ngejar seorang anak kecil yang sibuk bermain, atau semata-mata menunggui seseorang remaja mencari inspirasi tanpa bisa melakukan apa-apa. Untungnya kami bertiga punya kesamaan, kami suka laut dan pantainya. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat karena dapat mencakup semua keinginan itu.

Anak saya yang kecil berlari-lari antara taman bermain dan taman pancuran. Anak pertama saya yang ingin sekali mencari inspirasi, duduk di bawah sebuah pohon, di sisi lain dari taman pantai ini. Saya sendiri, duduk mengetik di bawah pohon rindang berdaun hati, di antara taman bermain dan taman pancuran, sambil mengawasi si kecil.

 

Bagaimana saya mendapatkan buku ini?

Dalam proses pencariannya, buku ini tidak saya temukan di perpustakaan lokal kota saya.

Namun, di daerah saya tinggal, kebanyakan perpustakaan yang ada dikota-kota besar sekitar yang masih berada di dalam satu county (semacam kabupaten), tergabung dalam suatu sistem jaringan perpustakaan yang memungkinkan terjadinya suatu sistem sirkulasi buku antar perpustakaan. Sistem sirkulasi tersebut juga tersedia secara online.

Keuntungan besar dari sistem ini adalah kemampuan setiap anggota perpustakaan untuk meminjam buku dari “perpustakaan mana saja” selama berada di dalam jaringan besar sirkulasi tersebut.

Dengan menggunakan sistem perpustakaan jaringan tersebut, saya dapat mengetahui perpustakaan lain dan kota mana yang memiliki buku ini. Secara online, buku ini saya order untuk dipinjam. Buku ini kemudian akan ditransfer dari perpustakaan tersebut ke perpustakaan kota saya, sebagai peminjam. Tiga hari kemudian, saya mendapat telepon dari staf perpustakaan lokal saya kalau buku yang diminta sudah berada disitu dan siap untuk diambil. Saat saya selesai membaca, buku ini akan saya kembalikan ke perpustakaan lokal saya, untuk ditransfer kembali ke kota asal.

 

 

1 comment to Belajar bersikap positif, kuat, fokus, dan dermawan dari Pak Tony (Resensi buku “Awaken The Giant Within” by Anthony Robbins)

  • Risman Gaffar

    Saya sangat tertarik dengan buku Awaken The Giant Within,dan besih keras ini membaca buku ini,.dan saya sudah lama mencari atau mengincarnya tapi sampai sekarang saya belum menemukannya di.toko-toko buku. Mohon partisipasi dan cara mendapatkan buku tersebut, Trima kasih.

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>